Garudaposnews.id, Medan – Indonesia dan Malaysia semakin erat Hal ini ditandai dengan peluncuran resmi kampanye “Visit Malaysia 2026” (VM2026) yang di adakan Di Hotel JW Marriott, Jalan Putri Hijau No 10 Medan, Sumatera Utara 11/03/25.
Kegiatan ini dihadiri oleh Konsul Jenderal Malaysia di Medan, Tuan Shahril Nizam bin Abdul Malik, serta perwakilan dari berbagai organisasi pariwisata Indonesia dan Malaysia.
Dalam sambutannya, Senior Deputy Director Asian Division, Tourism Malaysia, Ibu Jamilah Daud Halim, menekankan pentingnya kampanye VM2026 sebagai platform untuk memperkenalkan destinasi wisata baru dan kekayaan budaya Malaysia kepada pasar Indonesia.

Delegasi Malaysia yang berjumlah 60 orang, mewakili 38 organisasi, termasuk agen perjalanan, hotel dan resort, pemilik produk wisata, asosiasi pariwisata, dan maskapai penerbangan.
“Kehadiran delegasi besar ini menunjukkan komitmen kuat Malaysia untuk memperkuat kerjasama dengan pelaku industri pariwisata di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara,” ujar Ibu Jamilah.
Ia menambahkan bahwa kampanye ini bertujuan untuk menarik minat wisatawan kelas atas dan meningkatkan pendapatan pariwisata Malaysia.
Bapak Surya Salim, pengurus ASITA Sumatera Utara, menyambut baik inisiatif ini. “Kami berharap kerjasama ini akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Malaysia dan sebaliknya,” katanya.
Kampanye VM2026 diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di kedua negara melalui peningkatan sektor pariwisata.
Delegasi Malaysia juga memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan pertemuan bisnis dengan para pelaku industri pariwisata lokal, guna memperkuat jaringan dan membuka peluang kerjasama lebih lanjut.
Peluncuran kampanye VM2026 di Medan menandai langkah signifikan dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Malaysia di sektor pariwisata.(Dn)